Iklan Semua Halaman

 


{{ date }}
{{ time }}
PERUSAHAAN PERS
PT. PANDLYTRA TAMA MANDIRI

RSUD Dolok Sanggul Melaksanakan Kegiatan Forum Konsultasi Publik

Tombak Publik.
HUMBAHAS_Dalam rangka melaksanakan amanat undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik dan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Nomor 16 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik (FKP) dilingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Dolok Sanggul - Kabupaten Humbang Hasundutan, perlu dilaksanakan Forum Konsultasi Publik yang hasilnya bertujuan untuk membangun sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang adil, transparan dan akuntabel. Kegiatan ini dilaksanakan diruang rapat RSUD Dolok Sanggul, Selasa 08/10/2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur RSUD Dolok Sanggul KTU dr. Hendri Manalu dan juga beberapa dokter lainnya, bidan, dan juga perawat serta jajaran pimpinan staf RSUD Dolok Danggul, juga hadir perwakilan dari Dinas Kesehatan Pemkab Humbahas, perwakilan dari kantor Kecamatan Folok Sanggul, pemerintah Desa Bonanionan serta tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan insan Pers.
Direktur RSUD Dolok Sanggul dr. Tiar Lusiana Sihombing dalam sambutanya menerangkan bahwa, RSUD Dolok Sanggul sudah melengkapi dokter sebanyaķ 47 dokter dan diantaranya sudah termasuk spesialis serta fasilitas perlengkapan peralatan kesehatan yang mendukung untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pasien.

Adapun jenis pelayanan yang tersedia di RSUD Dolok Sanggul antaralain yaitu pelayanan gawat darurat di IGD dengan jam kerja 24 jam, juga tersedia pelayanan rawat inap disemua poli yaitu :
_Poliklinik Umum.
_Poliklinik Penyakit Dalam.
_Poliklinik Kebidanan Dan Kandungan.
_Poliklinik Bedah.
_Poliklinik Anak.
_Poliklinik Mata.
_Poliklinik THT.
_Poliklinik Saraf.
_Poliklinik Paru.
_Poliklinik Jantung.
_Poliklinik Jiwa.
_Poliklinik Bedah Mulut.
_Poliklinik Gigi.
_Poliklinik Kulit Kelamin.
_Fisiotherapi dan Rehap Medik.

Dan untuk pelayanan rawat inap antaralain yaitu :
_Rawat Inap VIP.
_Rawat Inap Anak.
_Rawat Inap Kelas 1,2 dan 3 Untuk Dewasa.
_Rawat Inap Kebidanan.

RSUD Dolok Sanggul juga menyediakan pelayanan khusus seperti ;
_Pelayanan khusus operasi dan anastesi.
_Pelayanan Intensive Care Unit.
_Pelayanan Neonatal Intensive Care Unit (NICU).
_Pelayanan Pediatric Intensive Care Unit (PICU).
_Pelayanan Phacoemulsifikation.
_Pelayanan Hemodialisa.
_Pelayanan Ponek.

Sebagai pendukung fasilitas, RSUD Dolok Sanggul juga menyediakan pelayanan penunjang medik yaitu ;
_Pelayanan Laboratorium.
_Pelayanan Radiologi.
_Pelayanan Forensik.
_Pelayanan Endoscopy Diagnostik.
_Pelayanan Farmasi.
_Pelayanan Hemodialisa.
_Pelayanan Trasfusi Darah.
_Pelayanan Rehabilitasi Medik.

Dan untuk pelayanan non medis ;
_Penunjang Kekam Medis.
_Pelayanan Instalasi Gizi.
_Pelayanan Instalasi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sumah Sakit.
_Pelayanan Loundry.
_Pelayanan CSSD.
_Pelayanan Ambulance.

Tokoh agama dari gereja HKBP Dolok Sanggul bermarga Manullang menanyakan tentang ketersediaan stok untuk transfusi darah serta layanan mobil ambulance untuk pasien.
Hendry Manalu pun kemudian menanggapi pertanyaan itu dan dia menjelaskan bahwa "Untuk trasfusi darah tidak menyediakan stok darah, dikarenakan alat untuk penyimpanan darah dengan waktu yang lama tidak tersedia, ditambah lagi dengan minimnya masyarakyat yang mendonorkan darahnya kerumah sakit kita" katanya, dan Henry Manalu juga menjelaskan terkait ketersediaan ambulance.
"Kita tetap menyediakan. RSUD Dolok Sanggul juga memiliki rekanan kerja penyedia jasa ambulance yang bersedia setiap saat" katanya.

Media Tombak Publik juga mempertanyakan tentang bagaimana sikap pelayanan RSUD Dolok Sanggul apabila ada pasien yang kondisinya dalam keadaan sekarat dan tanpa pendampingan dari pihak keluarga atau, pasien yang tidak dikenal.

"Sesuai dengan SOP RSUD bahwa, pihak rumah sakit akan memberikan pertolongan pertama, jika selanjutnya pasien membutuhkan perawatan yang intensif atau hingga harus membutuhkan rujukan ke rumah sakit luar daerah, maka identitas pasien dan alamat keluarga harus benar benar lengkap, dan juga harus dengan persetujuan dari pihak keluarga yang bersangkutan sebagai penanggungjawab dari pasien itu, dan barulah kemudian dilakukan rujuk ke rumah sakit luar daerah Humbahas" jelas Henri.

Disebutkan tujuan daripada RSUD Dolok Sanggul yaitu terwujudnya pelayanan rumah sakit yang berstandar nasional. Sebagaimana visi Bupati Humbang Hasundutan mewujudkan Humbang Hasundutan yang maju dan bermentalitas unggul, dan dengan misi mewujudkan sumber daya manusia berkualitas melalui mutu layanan pendidikan dan kesehatan.

(Jahara Sihite).