Iklan Semua Halaman

 


{{ date }}
{{ time }}
PERUSAHAAN PERS
PT. PANDLYTRA TAMA MANDIRI

Petahana Samosir Tampil Dengan Energi Baru, Vandiko Gultom - Manarsar Simbolon

Tombak Publik.
SAMOSIR_Pasangan Petahana Bakal Calon Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST dan Manarsar Simbolon, SH, M.Si hadir dengan Energi Baru dan sekaligus mengangkat tag-line #fullEnergi, selain tagline itu, Kabupaten Samosir memang sangat membutuhkan pemimpim yang energik untuk lima tahun ke depan.

Vandiko Gultom sebagai Bupati petahana di Kabupaten Samosir selama 3,5 tahun tentunya sudah mengunjungi seluruh daerah dari 9 kecamatan, 6 kelurahan dan 128 desa dan ragam permasalahan sudah menjadi aktivitas sehari-hari bagi seorang Vandiko. (Sabtu,10 agustus 2024).

Efendy Naibaho tokoh pemerhati Kabupaten Samosir mengatakan, "Saya adalah salah satu pemerakarsa yang ikut menjadikan Samosir menjadi kabupaten 20 tahun yang lalu" katanya. Sabtu (10/08/2024) saat dijumpai dikediamannya di Pangururan.
Kepada rekan media Efendi Naibaho atau sering disapa Fenbo menegaskan "tagline full energi itu dibuktikan dengan sudah mar-bunga desa, marsaornya Vandiko dengan rakyatnya, kalau ditingkat Kementerian, sorry ye..., sudah semakin oke dan lancar. Sedangkan Manarsar Simbolon, selain alumni UI na beteng i, juga birokrat murni puluhan tahun, khususnya di pengawasan di Pemprov DKI, di Ibukota Jakarta" ucap Efendi.

"Lengkapnya Manarsar pernah di Pengawasan/auditor Inspektorat DKI, Kepala Unit Museum Prasasti Jakarta Pusat, Kabid Pengkajian Informasi Dinas Pariwisata DKI, lanjut sebagai Kepala Unit Samsat Jakarta Pusat, Dinas Pendapatan DKI Jakarta.
Dua sosok pasangan ini Vandiko Timotius Gultom dan Manarsar Simbolon akan menjadi full Energi selama 5 tahun ke depan memimpin Samosir periode 2024 – 2029. Banyak harapan kita tumpukan kepada pasangan ini.

Molo au, sebagai salah seorang yang ikut sebagai pemerakarsa menjadikan Samosir menjadi kabupaten, yakin do au lam bagak ma Samosir ta on dengan seorang politisi muda mumpuni dan birokrat murni" tutur Efendy Naibaho yang juga sebagai mantan anggota DPRD Sumut dua periode, mantan Plt DPC PDIP Samosir.

Pemilik radio Soeara Pusuk Buhit yang dulu dipancarkan langsung dari kaki Gunung Pusuk Buhit pernah maju sebagai Bupati dari jalur independen sebagai petugas rakyat, tetapi berhenti karena mendapat 99 buah KTP saja dari 10.100 KTP yang disyaratkan KPU Kabupaten Samosir.

Dia bercerita, Saat ini yang digadang-gadang bakal menjadi calon Wakil Bupati mendampingi Vandiko cukup banyak, diantaranya :
Efendy Naibaho, yang kini sudah stay di Pangururan, dan dengan berbagai kriteria mengharapkan Vandiko maju bersama Manarsar, berharap kepada Vandiko dan Manarsar untuk lima tahun ke depan bisa mengeksekusi harapan-harapan di antaranya, tiada hari tanpa bersih-bersih. Saatnya Samosir punya BUMD atau PD Kebersihan dengan slogan Paias Tao Toba dan Paias Alamanna Be dst.
1. Nasib Simbolon.
2. Mikhael Sinaga.
3. Martua Sitanggang.
4. Juang Sinaga.
5. Rosinta Sitanggang.
6. Jonner Simbolon.
7. Josmar Naibaho.
8. Risma Simarmata.
9. Ariston Sidauruk, dan Manarsar Simbolon.

Juga agar Samosir mempunyai PDAB Samosir, Perusahaan Daerah Air Bersih dibentuk, bukan PDAM Perusahaan Daerah Air Minum.
Jangan lagi ada sebutan Mauas di Topi Ni Sampuran.

Kemudian membuat agenda, even tetap core event, setiap bulan dimulai bulan Januari – Desember dengan penampilan kearifan lokal dan sekaligus membentuk ulubalang di 9 kecamatan sebagai Polisi Pariwisata.

Naibaho juga berharap agar nantinya Pemkab Samosir segera mendirikan pabrik mi gomak, jangan lagi masyarakat membeli dari luar Samosir.
Memang belum ada penelitian berapa ton mi gomak setiap hari dikonsumsi di Kabupaten Samosir, tapi diperhitungkan banyak sekali dan bahannya dibeli dari luar Samosir.

Untuk tanah-tanah terlantar, diharapkan bisa diatur dalam perda atau keputusan bupati agar tanah-tanah tersebut dikelola pemiliknya, atau pinjam pakai selama sekian tahun dan ketika habis panen kembali lagi ke pemiliknya dengan perjanjian yang diketahui pemerintah.

Harapan lain kepada Vandiko - Manarsar agar meningkatkan RSUD Hadrianus Sinaga menjadi rumah sakit seperti di Penang yang berbasis pariwisata.
Dan, mau memindahkan kantor Bupati ke Parbaba. Kantor Bupati yang sekarang dijadikan menjadi Universitas atau Institut Perguruan Tinggi Samosir bekerjasama dengan Universitas HKBP Nommensen, Unika, UMI, dan UKI. dikisahkan Efendi dengan harapan yang kuat terhadap pasangan Vandiko.

(Jahara Sihite).